Saturday, October 5, 2013

TANTANGAN MENGEJUTKAN DARI PULPEN AJAIB

Seberapa pentingkah arti uang?apakah buruk jika kita berorientasi pada uang?kenapa kita harus bekerja keras untuk mencari uang?kenapa kita tidak ikut arus yang lazim saja,bekerja secukupnya dan berpasrah diri dengan rezeki yang datang? Uang itu penting dan kita memang harus berjuang untuk memperolehnya,tapi jangan jadikan uang sebagai tujuan hidup kita melainkan belajarlah dari prosese kita mendaptkan uang tersebut

Hari ini tanggal 28 September 2013 saya bertemu dengan orang-orang yang memberikan tantangan mengejutkan pada saya dan awalnya saya merasa hal itu sangat mustahil untuk direalisasikan. Saya bertemu dengan orang-orang yang mengatakan bahwa apa yang akan saya lakukan nanti tidaklah terlalu berat dan selayaknya saya coba dulu,padahal bagi saya wah ini sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Apa sih tantangan yang diberikan orang-orang hebat ini ? orang-orang yang pada akhirnya membentuk dan memberikan stimulan baik pada jiwa saya. Dari banyak hal yang terjadi dalam hidup saya,saya merasakan hikmah yang luar biasa walau itu baru kusadari setelah akhirnya saya dapat melewati tantangan itu bukanya saat sebelum saya memulai tantangan yang akan diberikan kepada saya.

Hari ini saya mengikuti kegiatan outbond Program Ahli Jenjang Kerma SEAMOLEC-ITB Batch 8 yang diadakan di kawasan Universitas Terbuka. Pak Stenly,pembina kami selama outbond berlangsung pada satu kesempatan tiba-tiba mengunggumakan bahwa salah satu kegiatan yang akan kami lakukan saat outbond adalah kami akan diberi tugas untuk berjualan pulpen dan masing-masing orang akan menjual 2 buah pulpen dalam waktu 45 menit . Saat itu dipikiran saya "oh mudah,hanya 2 buah pulpen kok pasti bisa kejual", yang membuat saya tersentak kaget dan langsung berubah pikiran adalah saat pembina outbond kami menyatakan kalau pupen yang kami jual harganya minimal harus lebih dari Rp.50.000 per satu buah pulpen.Bayangkan saja,kami harus menjual pulpen yang harga aslinya kurang dari Rp.5000 dan kami harus bisa menjual pulpen tersebut minimal dengan harga Rp.50.000 dalam waktu 45 menit,serta setiap orang berkewajiban menjual 2 buah pulpen !!! wah saya dan teman-teman saya langsung merasa pesimis,siapa yang akan membeli pulpen kami?harus dijual kesiapa pulpen kami?berbagai pikiran negatif dan tidak optimis langsung terbentuk dalam pikiran kami. Hebatnya seperti kata saya tadi,saya dan teman-teman saya dibimbing dan diberikan motivasi oleh orang-orang hebat :)

Gambar 1. Bapak Stenly (Pembina Outbond kami)

Saya ingat kata pembina saya saat kami mulai protes dan mengeluh bahwa tidak mungkin kami menjual pupen tersebut ! "dalam diri kalian selalu ada potensi dan kekuatan untuk bergerak yang dapat membuat hal-hal yang menurut kalian tidak mungkin menjadi mungkin"
Itulah pencerahan yang saya daptkan,saya diberi kesemptan sekarang untuk menguji potensi dalam diri saya,saya diberikan kesempatan sekarang untuk bergerak dan bergerak secara nyata menggulirkan semangat,tenaga,kesungguhan untuk mendapatkan penghasilan dan mencapai target. Terlebih dengan kedatangan Bapak Gatot selaku direktur Seamolec ke lokasi outbond untuk meberikan motivasi tambahan bagi kami,membuat saya lebih yakin kalau saya pasti bisa menjual pulpen tersebut.


Gambar 2.Bapak Gatot Priowirjanto (Direktur SEAMOLEC)

Yah benar , Kami disini memang harus fokus ke Sekolah dan perkuliahan kami tapi kami juga harus dapat membuat peluang dan mencari penghasilan selagi kami dalam proses sekolah sekalipun. Itu tidak mustahil,saya sadari itu karena saya pernah mengalami kegagalan karena tidak dapat memanejemen waktu dan pikiran saya antara sekolah dan mencari penghasilan,dan bagi saya saat inilah kesempatan untuk dapat membuktikan diri bahwa saya tidak akan mengulangi kesalahan yang lalu itu :) 
Yupp ini kesempatanya,saya harus bisa ! dimulai dengan menjual pulpen yang belakangan saya sebut dengan pulpen "ajaib", saya pasti bisa menjual pulpen ini lebih dari Rp.50.000 rupiah.


Gambar 3.Pulpen Ajaib dan pemegang puplen (model pemegang pulpenya entah siapa,hehe)

Saat mulai berjualan pulpen ini dengan waktu yang telah diberikan kepada kami selama 45 menit saya berpikir buang rasa malu melakukan penjualan yang mungkin terasa "rendah" dan berlebihan di mata kebanyakan orang,diri saya perlu dilatih dari tahap nol,mental saya perlu dibentuk dari situasi yang sangat menguji ketabahan dan kesabaran. Itu modal dasar yang sangat penting agar saya dapat bertumbuh dengan kepribadian yang tangguh,saya harus yakin bahwa pulpen ini pasti terjual dengan harga melebihi Rp.50.000,dengan demikian pikiran saya akan terus terangsang untuk terus mencari jalan bagaimana pulpen ini bisa laku.
Hal pertama yang saya lakukan jujur saya langsung menghubungi teman-teman dan kenalan saya melalui telepon/sms/dan BBM . Padahal pembina saya berpesan kalau bisa tawarkan dulu pada orang-orang sekitar dari pintu ke pintu,saat itu saya berpikir dengan melihat waktu yang sangat terbatas mungkin langsung saja saya menghubungi dan menawarkan kepada kenalan-kenalan saya daripada kepada orang yang belum saya kenal. Mungkin kalau waktunya lebih panjang saya akan menjahakan pulpen ini dari pintu ke pintu :)
Penawaran yang saya lakukan kepada kenalan-kenalan saya saat itu dan apa yang saya ucapkan ke mereka agar mereka tertarik untuk membeli pulpen saya adalah seperti ini :


Gambar 4.Penawaran Pulpen Ajaib :)


 Alhamdullilah ada yang tertarik untuk menanyakan produk saya,entalah apa mereka kasihan dengan saya atau tersentuh dengan penawaran saya yang pasti ada beberapa kenalan yang ingin menanyakan tentang pulpen ini,saya ingat sekali saat itu saya merasa sangat gembira karena ada respon dari kenalan-kenalan saya. Berarti dari segi penawaran mungkin saya sudah cukup meyakinkan walaupun belum pasti apakah mereka akan jadi membeli pulpen saya terlebih jika tau harga pulpen tersebut saya jual jauh melebihi harga aslinya :)
Dan benar saja,setelah saya menyebutkan harganya ke mereka langsung saja berbagai komentar tidak enak yang saya dapatkan. Yah saya tidak menyerah dan mencoba lebih menjelaskan secara detail tujuan saya menjual pulpen ini dengan harga sangat tinggi (saat itu saya mematok harga Rp100.000/pulpen) . Banyak komentar mengatakan tidak mungkin , saya menjadi bahan tertawaan dan dilede teman-teman saya,bahkan ada yang mengatakan bahwa saya mungkin sudah gila mematok harga seperti itu untuk sebuah pulpen biasa (saya tidak tahu apakah teman saya bercanda atau serius dengan ucaanya tersebut),ada yang menyarankan saya pakai uang pribadi saja dan mengatakan seolah-olah dibeli orang lain dan sebagainya, tapi saya belum mau menyerah. Saya telah merasakan kekecewaan dan rasa tidak nyaman saat saya menyerah untuk memperjuangkan dan mempertahankan sesuatu dalam hidup saya jadi saat ini saya tidak akan menyerah hanya karena kata-kata ejekan dari orang-orang lain :) Dan Alhamdullilah setelah saya coba menjelaskan satu persatu ke setiap orang secara terus-menerus akhirnya ada dua orang yang tertarik untuk membeli pulpen saya :)


Gambar 5.Pembeli pertama pulpen ajaib :)


 Gambar 6.Pembeli kedua pulpen ajaib :)

 ALHAMDULLILAH !!! saya benar-benar tidak menyagka ada yang mau membeli pulpen saya ini,dan sampai sekarang saya belum bertanya kenapa mereka mau mengeluarkan  uang sebegitu banyak untuk membeli dan membantu saya dengan membeli pulpen ini . Saat itu dipikiran saya yang penting pulpenya laku dulu,kalau pulpen ini laku berarti saya bisa , saya bisa , dan saya berhasil merubah hal yang tidak mungkin dimata saya menjadi mungkin dan terjadi . Alhamdullilah
Saya sadari saat gagal,saya tidak boleh menyalahkan diri sendiri dan harus berpikir logis untuk menganalisa penyebabnya. Gagal harus dicoba lagi,gagal lagi coba lagi selama kesempatan masih ada. Dan saat saya berhasil mencapai target ataupun kemauan saya,saya harus menikmati dan memberi apresiasi kepada diri saya sendiri bahwa saya memang mampu,dan saya hebat :)
Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gatot,Bapak Stenly,Kakak saya,kakak-kakak S2 yang membantu saya dan teman-teman saya selama proses outbond ini,teman-teman saya,kenalan-kenalan saya yang telah memberikan kritik pedas maupun yang membangun dari cara saya menjual pulpen ini. Anda-anda semua luar biasa dalam memberikan pelajaran hidup kepada saya , terimakasih :)  


Gambar .7 Gina dan teman-teman seperjuangan dalam mengapai masa depan,Cieeciee :)

2 comments: