Sunday, October 27, 2013

Portofolio III TMD02 - (Batch 8)

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat satu aplikasi sederhana dengan menggunakan visual studio yang aplikasi ini sendiri terdiri dari variabel,operator,control flow,fungsi,dan penambahan array.
program aplikasi sederhana ini merupakan script yang digunakan untuk menebak kata. Dengan melakukan perulangan sesuai dengan karakter yang ditebak (variabel tebak) dengan setiap karakter yang ada pada variabel kunci. Kemudian ditampilkan jawaban dari penebakan nama tersebut yang ditampung dalam variabel jawaban. Eksekusi program akan berhenti apabila jawaban sudah bernilai benar atau melakukan 3 kali kesalahan. Pada program memanfaatkan fungsi strlen(a) sebagai pembatas kondisi perulangan pada saat 
membandingkan variabel kunci dengan karakter yang ditebak dan juga membandingkan hasil jawaban yang sudah terselesaikan atau belum (ditandai dengan tanda ‘_’) dimana fungsi tersebut memberi kembalian berupa panjang karakter dari parameter a.Pada fungsi cek_selesai(), akan mengembalikan nilai 0 (sebagai syarat menghentikan program) apabila jawaban telah berhasil diselesaikan, namun akan mengembalikan nilai batas_salah (variabel penanda perulangan blok perintah tebak kata) apabila jawaban masih belum berhasil diselesaikan.Pada baris perintah , merupakan perintah untuk menghapus data buffer pada output.  

Berikut merupakan hasil dari codingan yang telah saya buat dengan menggunakan apliasi visual studio:

klik image to enlarge

klik image to enlarge

klik image to enlarge

Berikut merupakan video tutorial apliaksi menebak nama Vergina


Berikut merupakan flowcart aplikasi :

click image to enlarge :


Berikut snap shot program :

tampilan awal menu aplikasi Tebak Nama
klik image to enlarge

Tampilan jika Tebakan setiap karakter benar 
klik image to enlarge

Tampilan jika tebakan karakter salah sampai batas tiga kali perulangan
klik image to enlarge

 download Source pendukung :

Source code Aplikasi :
part 1 








No comments:

Post a Comment