Saturday, October 5, 2013

BELAJAR MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI DALAM BIDANG ENTREPEUNER (MEMBURU PELUANG)

siapa bilang untuk meraih sukses harus menunggu usia tua?siapa bilang untuk menjadi kaya harus memiliki banyak modal untuk memulai usaha kita tersebut?menurut saya kesuksesan dapat diraih saat masih muda Dari pengalaman yang telah saya alami ketika saya memutuskan untuk mencoba membuka peluang usaha adalah ketekunan dan semangat untuk tidak menyerah serta harus keras menggambil resiko. Walau sayangnya semua itu saya sadari setelah lewat beberapa lama saya memutuskan untuk menutup usaha saya dan saya sadari kegagalan saya saat itu memang karena ketidaksabaran dan gampang menyerah.
 Yah awal mula saya berpikir untuk memulai usaha itu muncul saat saya masih kuliah di Malang,dan alasan utamanya saya ingin memulai usaha pada saat itu didasari untuk menambah pengalaman saja disamping berpikir usaha ini dapat menambah uang jajan saya. pada awalnya karena motivasi untuk memulai usaha itu sendiri didasari hanya oleh rasa ingin tahu bagaimana si menjalani suatu usaha itu makanya saya pada saat itu alam bawah sadar saya tidak terlalu tekun dan serius untuk menjalankan usaha tersebut. jika saja saat itu saya dibenturkan pada situasi sulit seperti kesulitan ekonomi dan hal-hal yang lebih memotivasi diri saya untuk harus sukses ,entalah,mungkin saat ini usaha tersebut masih berjalan dan makin berkemmbang.
Hal pertama yang saya  pikiran saat memulai usaha adalah peluang usaha apa yang cocok untuk saya jalankan. saat itu saya berpikir setidaknya apapun yang saya kerjakan harus sejalan juga dengan hobi dan fashion saya. Dan akhirnya saya memutusakan untuk berjualan Parfum KW  , saya memilih untuk berjualan parfum karena saya melihat peluang usahanya besar dan dikalangan kenalan dan teman-teman saya belum ada yang berpikir untuk berjualan parfum. Kebanyakan teman-teman dan kenalana saya yang memiliki usaha  lebih tertarik dalam bisnis penjualan baju,sepatu,asesoris,dan pulsa makanya saya mencari sesuatu yang beda tapi tetap diminati dan mungkin sudah menjadi kebutuhan masyarakat,saya berpikir wah parfum sepertinya banyak yang berminat apalgi dengan harga yang murah walaupun parfum yang saya jual bukan asli tapi parum KW. Pangsa pasar saya yang utama adalah tentu saja teman-teman mahasiswa lain dan para ABG yang mungkin ingin menggunakan/memiliki prodak mahal seperti parfum tapi kantong tidak mencukupi. Tentu saja prodak yang saya jajahkan ini ada juga kekuranganya,seperti daya tahan parfum tidak seperti aslinya dan baunya juga tidak persis sama seperti bau parfum aslinya,dan itu harus saya jelaskan satu persatu kepada langganan saya bahwa ini hanya parfum KW bukan aslinya. Alhamdullilah minat teman-teman dan masyarakat untuk prodak yang saya jajahkan sangat bagus. Banyak yang tertarik dan ingin memiliki prodak ini walaupun hanya KW,heheheh.
Awal jualan costumer saya bisa dibilang banyak,bahkan ada yang ingin menjadi agen saya lagi untuk dijual kedaerahnya. Memang saat itu media yang saya gunakan untuk menjual prodak saya adalah lewat internet maupun HP jadi tidak dalam lingkup daerah Malang atau kampus saja tapi diseluruh daerah Indonesia. Saya ingat awal saya berjualan tiap hari dan bahkan tiap 1 jam saya harus mengupdate sataus di FB/Twitter,mengirimkan Brodcast mesagge lewat BBM,sampai mengSMS semua orang yang ada di kontak HP saya untuk saya tawarkan parfum KW ini. Saya harus siap dan berulang-ulang kali menjawab segala pertanyaan para calon costumer tentang prodak saya ini, memang banyak yang menunujkan minat dan tertarik untuk membeli prodak saya tapi ada juga yang merasa terganggu dengan SMS/BBM bahkan tag gambar-gambar prodak saya di FB mereka. Rasa malu dan rasa tidak enak hati pasti ada,cuma belum sampai membuat saya stop untuk memulai usaha ini karena peminatnya juga yang banyak dan keuntungan yang bisa dibilang besar.
Saya akan menceritakan dulu keuntungan yang membuat saya bertahan di bisnis ini. Saat memulai usaha parfum hal yang pertama saya lakukan adalah mencri informasi distributor parfum yang harga,cara penjualan bisa sesuai dengan kondisi saya yang juga pada saat itu masih ada tanggungan kuliah. Alahamdullilah setelah mecari-cari di internet dan dimana-mana saya menemukan satu distributor yang cocok dan menurut saya pas. Kebetulan juga distributor ini tinggal di Malang,sehingga lebih mempermudah saya dalam hal pengambilan barang. Bayangkan saja jika distributor saya berada diluar mMalang , saya masih harus mengeluarkan biaya untuk ongkos kirim barang dan resiko lain.
Selain itu harga yang ditawarka distributor saya ini relatif lebih murah dibandingkan dengan distributor-distributor lainya,setelah saya tanyakan ternyata prodak parfum dari distributor saya langsung diimpor dari Singapure dan Hongkong.sehingga harganya relatif lebih murah.
harga yang dipatok oleh distriutor saya adalah :
1 botol parfum = Rp.35.000
3 botol parfum = Rp.30.000 (jadi kalau kita membeli 3 atau lebih maka harganya dipotong menjadi 30.000 sehingga 3x30.000=90.00)
>6 botol parfum = Rp.25.000 (harganya lebih murah lagi)
Dari harga tersebut saya mematok harga baru ke konsumen saya sebesar Rp.40.000/botol , dan apabilah saya membeli dalam jumlah banyak otomatis keuntungan yang akan saya dapatkan juga lebih banyak kurang lebih 15.000/botol . Buat saya keuntungan seperti itu sangat fantastis apalagi saya dapat menjual parfumnya lebih banyak. Alhamdullilah saya memang mendapatkan minat dari para costumer saya , bayangkan saja parfum bermerk yang biasa dijual di toko-toko dan pusat perbelanjaan diatas Rp.250.000 bisa diperoleh dengan harga hanya Rp.40.000 saja walaupun hanya merk KW , tapi minat masyarakat malah lebih besar
Dari segi keuntungan yang saya peroleh memang bisa dibilang banyak,tapi ternyata ada hal yang saya alami sehingga membuat saya memutuskan untuk menutup usaha ini. Usaha saya berjlanan kurang lebih hampir setahun,awalnya tujuan saya yang berpikir hanya karena ingin mencari pengalaman dan kegiatan sampingan diluar kuliah semakin lama malah menjadi prioritas saya dibandingkan dengan kuliah saya. Banyaknya costumer dan agen di daerah-daerah luar Malang yang ingin join dengan saya membuat saya lebih fokus untuk mengurusi bisnis ini,belum lagi setiap 3 hari dalam 1 Minggu saya harus mengirimkan pesanan parfum kepada costumer saya yang berada di luar Malang. Jujur dalam memulai usaha ini saya bekerja sendiri,istilhanya saya mencatat pesanan parfum setiap hari,mengambil parfum pesanan ke distributor saya,megemasi pesanan parfum yang diluar daerah Malang,serta mengirimkanya ke JNE tiap 3 hari dalam seminggu. Memang ini membuat saya kewalah sampe masalah kuliah saya abaikan, dan jujur saat itu pikiran saya tentang kuliah tidak terlalu penting dibandingkan dengan apa yang bisa saya hasilkan dari usaha saya saat itu. Saya sadar pada saat itu sya belum bisa membagi waktu dan prioritas yang lebih penting dalam hidup saya,sampai akhirnya ada satu kejadian yang membuat saya menghentikan bisnis ini.
salah satu costumer yang menjadi langganan tetap saya melakukan pemesanan dalam jumlah besar,tapi beliau mengatakan baru bisa mengirimkan uangnya saat bulan depan karena para costumer yang pesan parfum ke beliau belum semua melakukan pembayaran sedangkan uang yang ada pada beliau tidak cukup untuk menalanginya. Karena berdasarkan rasa percaya saya,dan pengalaman selama ini si beliau setiap memesan parfum selalu membayar ontime dan sudah menjadi pelanggan tetap apalgi merupakan teman saya sendiri , saya memperbolehkan penagngguhan pembayaran . Akhirnya prodak saya kirimkan ke beliau (dengan pembelian parfum ke distributornya memakai uang pribadi saya dulu) ,beserta ongkos kirim yang lumayan besar karena parfum yang dikirmkan banyak.
Para pembaca sekalian mungkin sudah dapat menebak kelanjutan ceritanya seperti apa , yah costumer saya ini tiba-tiba hilang tanpa kabar sama sekali,hampir dua bulan saya mengurusi permasalahan dengan costumer ini untuk menagih pembayaran parfum yang dipesanya (tidak perlu saya ceritakan proses penagihan itu,heheheh) sampai saya tidak terlalu fokus dan bersemangat lagi untuk melayani costumer-costumer lainya. Dan buruknya akhirnya saya memutuskan untuk menutup dan tidak melanjutkan bisnis jualan saya ini. mungkin jika sekarang saya melihat kebelakang dari pengalaman saya ini , terlalu banyak peluang yang telah saya buang hanya karena rasa ketidak sabaran dan tidak ketekunan saya. Padahal saya sudah memiliki banyak costumer-costumer tetap lainya
Kuliah yang terabaikan sampai akhirnya saya memutuskan usaha tidak melanjutkan usaha saya tersebut sungguh pengalaman luar biasa pada saat itu bagi saya. Tapi yang pasti saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tentang bagaimana saya harus memetingkan dan memilih suatu prioritas dari satu prioritas lainya dan meutuskan mana yang terbaik bagi saya tidak hanya dalam waktu dekat tapi jangka panjang juga . Peluang usaha itu selalu ada , yang terpenting bagaimana kita bisa memanajemen waktu , sabar , tekun dan jangan menyerah dalam menjalankann sesautu yang telah kita pilih apalagi hal itu telah mengorbankan waktu kita untuk hal lain yang mungkin lebih penting.
Banyak gagal,banyak belajar tapi jangan pernah patah semnagat lagi,yang penting saya tidak boleh melakukan kesalahan yang sama. Dari setiap keputusasaan dan rasa menyerah saya mengambil pelajaran yang kemudian menjadi petunjuk bagi langkah-langkah saya selanjutnya untuk tidak mengulang kesalahan yang sama sekali lagi :)



No comments:

Post a Comment